Wednesday, February 25, 2015

Jenis Tipe Data

Kali Ini Kita Akan Membahas Tentang Jenis Tipe Data

Tipe data adalah sebuah jenis data yang dapat diproses oleh komputer untuk mencukupi kebutuhan dalam pemrograman komputer. Setiap variabel atau konstanta yang telah ada dalam kode program, sebelumnya kita tentukan dengan pasti tipe datanya. Saat pemilihan tipe data pada variabel atau konstanta akan sangat menentukan seberapa banyak pemakaian sumberdaya komputer (terutama memori komputer). Beberapa tugas penting seorang programmer yaitu memilih tipe data yang sesuai dan tepat untuk menciptkan program yang efisien dan berkinerja bagus. Ada begitu banyak tipe data yang saat ini tersedia, tergantung dari jenis bahasa pemrograman yang dipakai programmer itu sendiri.

1.  Data Type - Simple (Sederhana)
data ini adalah tipe data yang sudah ada atau bawaan dan sering digunakan untuk pemograman tertentu, data ini berisi data tunggal.
A.  Standard Data Type ( Tipe Data Standar )
  • Integer ( Bilangan Bulat )
Yang dimaksud dengan bilangan bulat yaitu, -1, -2, -3, 0, 1, 2, 3, 4 dan lain sebagainya yang bukan tergabung dalam bilangan pecahan. Tipe data integer biasanya digunakan untuk pernyataan data menggunakan angka bulat, contohnya harga sebuah barang, jumlah stock yang tersedia dan jumlah dari mahasiswa. rumus dalam komputer yaitu -2n-1<= N < 2n-1-1. Tipe data integer selain digunakan untuk memuat angka dengan base 10 ( biasa disebut juga angka desimal), tipe data integer digunakan juga bisa untuk memuat angka dengan base 16 (hexadesimal), base 8 (octal), dan juga angka yang memuat base 2 (binary).
Integer
  • Real ( Bilangan Pecahan )
Bilangan real yaitu bilangan yang mengandung angka pecahan desimal, bilangan real atau nyata juga mempunyai arti yaitu jenis bilangan pecahan, bilangan real dapat kita tuliskan secara biasa atau menggunakan model scientific. Ini ada Contoh bilangan real: 34.265 -3.55 0.0 35.997E+11, dimana variabel E adalah simbol perpangkatan dari 10. Jadi 452.13 mempunyai nilai yang sama dengan angka 4.5213e2.
Real
  • Char ( Karakter )
Karakter yaitu huruf yang ada di dalam alfabet, tanda baca ataupun karakter spesial. karakter dapat ditulis diantara dua tanda petik tunggal. Seperti contoh : 'A'
Char
  • String
String adalah deretan dari karakter dengan panjang tertentu. Contoh : 'Teknik Informatika'.
  • Boolean ( logika )
Boolen adalah tipe data yang bersifat logika, yang berisi akan dua kemungkinan nilai yaitu: True (benar) atau False (salah). Pada bahasa program Turbo Pascal for Windows boolen mempunyai atau memiliki tiga macam jenis ini, yaitu: Boolean, LongBool, dan WordBool. Tipe Boolean menggunakan memori paling kecil yaitu hanya 1 byte, sedangkan WordBool dan LongBool dipakai untuk menulis program yang sesuai dengan lingkungan Windows. WordBool menempati memori pada komputer sebesar 2 byte dan pada LongBool menempati memori pada komputer sebesar 3 byte. Pernyataan benar akan ditulis True atau angka 1, sedangkan pernyataan salah akan ditulis dengan False atau angka 0. operasi yang biasanya digunakan adalah xor, or, and, dan not.
Boolean

B.    Defined Data Type ( Tipe Data Bentukan )
Tipe data bentukan yaitu tipe data yang dibentuk dari tipe data dasar dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan seorang programmer. Ini adalah tujuannya:
   •    Mempermudah proses pemrograman
   •    Mempermudah dalam penambahan variabel
   •    Mempermudah penyusunan data agar lebih enak diatur
Contoh dari tipe data bentukan untuk mendefinisikan nama buah-buahan.
type FruitType = (Apple, Grape, Pineapple, Watermelon, Banana, Avocad, Coconut,);

2.    Data Type - Structured (Terstruktur)
  • Array (Larik)
Larik merupakan tipe data yang memuat beberapa data yang ditampung dalam satu variabel yang memiliki tipe data yang sama. Masing-masing data yang termuat di dalam sebuah larik akan ditampilkan sebagai elemen pertama sampai ke - n. larik bisa dibuat beberapa dimensi, contohnya untuk menggambarkan matrix, kita harus menggunakan larik 2 dimensi. 
  • Record (Rekaman)
Tipe data rekaman biasanya di gunakan untuk menampung data yang memuat atau terdiri dari beberapa tipe yang berbeda. Record atau rekaman dapat diakses dan dibaca per elemen record dengan cara menyebutkan nama elemennya.
  • Set (Himpunan)
Tipe data set atau himpunan merupakan sebuah tipe data yang didalamnya memuat isi sejumlah elemen (anggota) yang anggotanya memiliki tipe data dasar yang sama atau serupa.
  • String
Tipe data string Merupakan suatu data yang telah menyimpan array (larik), ini ada contoh: 'ABCDEF' adalah sebuah konstanta string yang berisikan atau mempunyai nilai 6 byte karakter. Ukuran Tempat pada komputer untuk tipe data ini berkisar antara 2 sampai dengan 256 byte, dengan jumlah banyaknya elemen 1 sampai dengan 255. String dideklarasikan atau kita dapat menuliskanya dengan string [ konstanta ] atau string. Apabila ukuran dari string ini tidak didefinisikan maka akan banyak sekali memakan tempat pada komputer, karena ukuran tipe data string ini menyesuaikan dengan defaultnya.

3.    Tipe Pointer
Pointer ini bisa atau dapat diartikan sebagai penunjuk. Tipe data pointer ini adalah tipe data yang berisikan alamat memori dimana data itu disimpan, pointer juga merupakan suatu variabel penunjuk yang menunjuk kepada suatu alamat memori pada komputer tertentu. Pointer merupakan variabel level bawah dan rendah yang dapat dipergunakan untuk menunjuk atau menyatakan nilai integer, character, float, single, atau double, dan bahkan juga tipe-tipe data lain yang mendukung oleh bahasa C. Variabel biasa, bersifat statis dan sangat atau sudah pasti, sedangkan pada pointer sifat nya dinamis dan lebih fleksibel. Variabel pointer yang tidak menunjuk atau mengarah kepada nilai apapun berarti dia memiliki nilai NULL, dan itu dapat disebut dengan dangling pointer karena mempunyai nilai yang tidak diinisialisasi dan tidak dapat diprediksi. Pendeklarasian atau pernyataan variabel pointer menggunakan simbol * sebelum penulisan nama variabelnya, sedangkan jika ingin menampilkan nilai yang ditunjuk atau diarah oleh suatu variabel pointer, juga digunakan operator * (tanda asterisk). Jika diinginkan untuk menampilkan atau memuat alamat tempat penyimpanan nilai yang ditunjuk oleh suatu variabel pointer, maka digunakan operator & (tanda ampersand). Pada beberapa tipe data array, variabel dari pointer hanya perlu menunjuk pada bagian nama variabel arraynya saja tanpa ada perlu menggunakan tanda ampersand, atau menunjuk serta mengarah kepada nama variabel array pada indeks yang ke nol darinya.
 
       Sumber :
  • http://rendigilasbatas.blogspot.com/p/macam-macam-tipe-data-tipe-data_20.html
  • https://www.facebook.com/rumahteknologiinformasi/posts/356904181086561


Posted By : Abdul Kahfi (D1041141076)

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete