Wednesday, February 25, 2015

FLOWCHART

A.    Pengertian
Flowchart berasal dari dua kata yaitu flow yang berarti alir atau alur dan chart yang berarti diagram. Dalam ilmu teknologi flowchart adalah diagram yang berupa simbol-simbol grafis yang membentuk aliran algoritma yang menggambarkan langkah-langkah dalam penyelesaian masalah dalam program atau sistem secara logika.

B.    Jenis Flowchart
Ada beberapa jenis flowchart yaitu
1.    Systems Flowchart (Bagan Alir Sistem)
Systems flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan alur pekerjaan yang sedang dikerjakan secara keseluruhan dari sistem. Flowchart ini juga menunjukkan serta menjelaskan secara grafik urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi di dalam sistem dan membentuk suatu sistem.
Contoh system flowchart untuk mengoreksi jawaban ujian dan kemudian mendapatkan hasil ujian tersebut.

Keterangan:
1)    Data jawaban ujian dimasukkan
2)    Koreksi jawaban ujian
3)    Cetak daftar koreksi data
4)    File utama ujian disimpan
5)    File utama ujian dan tabel siswa diperiksa dan dicocokan keduanya.
6)    File siswa lulus disimpan
7)    Cetak laporan hasil ujian

2.    Document Flowchart (Bagan Alir Dokumen) / Paperwork Flowchart
Bagan alir dokumen (Document Flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (Form Flowchart) atau paperwork flowchart menelusuri alur dari data yang ditulis melalui sistem. Bagan alir dokumen ini sering digunakan untuk menelusuri alur form dan laporan sistema dari satu bagian ke bagian yang lain untuk mengetahui bagaimana alur form diproses, dicatat, dan disimpan. Bagan alir dokumen menggunakan symbol-simbol yang sama seperti bagan alir sistem.
Berikut ini adalah contoh flowchart yang menggambarkan mengenai alur pembuatan kartu anggota suatu perpustakaan.


Keterangan:
#: Proses pengisian data calon anggota ke dalam computer
P: Tanda tangan dan validasi data

3.    Schematic Flowchart (Bagan Alir Skematik)
Bagan alir skematik merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem yaitu untuk menggambarkan suatu sistem atau prosedur. Perbedaan bagan alir skematik dan bagan alir sistem adalah bagan alir skematik tidak hanya memakai simbol-simbol flowchart standar yang biasanya digunakan pada bagan alir sistem, tetapi juga menggunakan gambar-gambar yang terdapat dalam komputer atau peralatan lain yang digunakan dalam sistem.
Flowchart skematik ini digunakan sebagai alat komunikasi antara analis sistem dengan orang-orang yang tidak mengerti tentang simbol-simbol pada bagan alir yang konvesional. Dengan memakai gambar yang terdapat pada komputer atau peralatan lain yang digunakan sebagai pengganti simbol-simbol bagan alir dapat memudahkan orang yang tidak familiar dengan simbol flowchart dalam memahami bagan alir dalam waktu lebih cepat. Simbol-simbol pengganti ini dapat mengurangi kemungkinan kesalahan pengertian dalam memahami sistem karena gambar-gambar tersebut dapat memudahkan pengamat untuk mengerti segala sesuatu yang dimaksudkan oleh analis sistem.

4.    Program Flowchart (Bagan Alir Program)
Bagan alir program digunakan untuk memperlihatkan secara lebih rinci tentang bagaimana setiap langkah dari suatu program dan hubungan proses dalam suatu program. Flowchart ini menunjukkan langkah suatu program tepat pada saat program itu terjadi.
Bagan alir program sering dipakai untuk memecahkan masalah dan untuk menggambarkan proses input menjadi output. Programmer menggunakan flowchart ini untuk menggambarkan urutan instruksi  dari program komputer. Sedangkan analis menggunakan flowchart ini untuk mengurutkan tugas-tugas pekerjaan dalam suatu prosedur atau operasi.
Bagan alir program terbagi menjadi dua metode penggambaran flowchart yaitu Conceptual Flowchart yang digunakan untuk menggambarkan alur pemecahan masalah secara global dan Detail Flowchart yang digunakan untuk menggambarkan alur pemecahan masalah secara rinci.
Contoh Conceptual Flowchart


5.    Process Flowchart (Bagan Alir Proses)
Bagan alir proses sering digunakan dalam teknik industri. Flowchat ini merupakan teknik penggambaran rekayasa yang sering digunakan oleh analis sistem untuk memecah masalah dan menganalis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem.
Flowchart proses mempunyai lima sombol khusus



C.    Simbol-simbol Flowchart
Simbol-simbol yang digunakan dalam flowchat terbagi menjadi tiga kelompok yaitu
1.    Flow Direction Symbols
Flow Directions Symbols adalah symbol-simbol yang di gunakan untuk menghubungkan setiap simbol.
Flow / Arus yaitu simbol yang menyatakan jalannya arus suatu proses.



Symbol Off-line Connector yaitu simbol yang digunakan untuk keluar atau masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang lain.

Symbol Connector yaitu simbol yang digunakan untuk keluar atau masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang sama.

Communication Link / Hubungan Transmisi yaitu simbol yang menyatakan transmisi data dari satu lokasi ke lokasi lain.

2.    Processing Symbols
Simbol-simbol yang menunjukan jenis operasi pengolahan dalam suatu proses atau prosedur.
Symbol Process yaitu simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer.

Symbol Manual Operation yaitu simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukan oleh komputer.

Symbol Decision / Keputusan yaitu simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa   kemungkinan jawaban atau dua kemungkinan jawaban yaitu “iya” atau “tidak”.
Symbol Predefined Process yaitu simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage.

Symbol Terminal yaitu simbol yang digunakan untuk menyatakan permulaan atau akhir dari suatu program.

Symbol Terminal yaitu simbol yang digunakan untuk menyatakan permulaan atau akhir dari suatu program.

Symbol Manual Input yaitu simbol yang digunakan untuk memasukkan data secara manual melalui on-line keyboard.

Symbol Keying Operation yaitu symbol yang digunakan untuk menyatakan segala jenis operasi yang diproses dengan menggunakan mesin yang mempunyai keyboard.



3.    Input / Output Symbols
Simbol-simbol yang menunjukkan jenis suatu peralatan yang  digunakan sebagai media input dan output.
 Symbol input / output yaitu simbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung pada jenis peralatan input output yang digunakan.

 Symbol magnetic-tape unit yaitu simbol yang menyatakan input berasal pita magnetic atau output disimpan ke pita magnetic.


 Symbol punched card yaitu simbol yang menyatakan input berasal dari kartu atau output ditulis ke kartu.-

 Symbol disk and on-line storage yaitu simbol untuk menyatakan input berasal dari disk atau output disimpan ke disk.

 Symbol display yaitu simbol yang menyatakan peralatan output yang digunakan dan mencetak keluaran pada peralatan output tersebut seperti layar, plotter, dan sebagainya.

 Symbol dokumen yaitu simbol yang menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output dicetak ke kertas.


Daftar Pustaka
1.    El Said, Fairuz. (2010). Analisis Sistem Informasi – Pedoman Membuat Flowchart. [Online]. Tersedia: https://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/01/13/analisis-sistem-informasi-pedoman-membuat-flowchart/ [20 Februari 2015].
2.    Jogiyanto, analisis dan desain system informasi Andi off set Yogyakarta, 1990.
3.    Tavri D. Mahyusir, Analisa Perancangan Sistem Pengolahan data. PT Elex Media Komputindo, 1989.
4.    Yourdon Edward, Modern Structur Analisis, Prentice – Hall, Inc, 1989.


Nama    : M. ALFIN MU’TASHIM
NIM    : D1041141010

No comments:

Post a Comment