Wednesday, February 25, 2015

ALGORITMA & PEMROGRAMAN BAHASA COBOL

Dalam dunia yang sudah serba praktis ini,tentunya pekerjaan seperti apapun ingin dilakukan dengan praktis.Pekerjaan seperti menghitung gaji karyawan dengan jumlahnya yang banyak juga bisa dikerjakan dengan singkat.Pekerjaan seperti itu bisa kita selesaikan dengan menggunakan algoritma.Algoritma itu sendiri adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.Dan akan dibentuk menjadi sebuah program. Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan.Dalam konteks ini kita akan membicarakan tentang bahasa pemrograman tingkat tinggi yaitu COBOL.Lebih baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu bahsa pemrograman tingkat tinggi, bahasa tingkat tinggi adalah bahasa yang membuat pemrograman lebih mudah dimengerti, lebih mudah diolah, dan berorientasi ke bahasa manusia dalam bahasa Inggris. Tetapi, program dalam bahasa tingkat tinggi tidak dapat langsung dilaksanakan oleh komputer. Hal itu perlu diterjemahkan dan diolah terlebih dahulu oleh sebuah translator bahasa (yang disebut kompilator atau compiler) ke dalam bahasa mesin sebelum akhirnya dieksekusi dengan CPU.

COBOL,yang merupakan singkatan dari Common Business Oriented Language adalah suatu bahasa komputer orang awam yang bisa disebut High Level Language yang berorientasi langsung dalam seputar permasalahan bisnis. COBOL hampir bisa dipakai dan digunakan pada semua komputer bila terdapat compiler COBOL-nya. Diciptakan atau ditemukan pada tahun 1959 dan dikembangkan oleh suatu grup bernama CODASYL (Conference on DataSystem Language).Diperkenalkan pertama kali secara formal pada bulan Januari 1960. COBOL memiliki banyak versi, sehingga untuk mempermudah penggunanya COBOL terus dikembangkan dandistandarisasi pada tahun 1968 dan 1974, diberi nama ANSI COBOL (American NationalStandard Institute COBOL).
Struktur Program COBOL.

Program COBOL dapat dikelompokkan menjadi 4 Divisi,setiap divisi dimulai dengan judul divisi dengan urutan sebagai berikut:Identification Division,Environment Division,Data Division,Procedure Division.Penjelasan divisi-divisi dalam program COBOL:
1.IDENTIFICATION DIVISION
Merupakan divisi yang pertama dalam COBOL dan yang sederhana bentuknya.Identification Division tidak dipecah dalam beberapa section tetapi langsung terdiri dari beberapa paragraph.
2.ENVIRONMENT DIVISION
Memberikan  informasi atau data tentang peralatan yang dipergunakan didalam program.
3. DATA DIVISION
Memperlihatkan suatu penjelasan atau keterangan yang ada tentang input dan output data yang dipergunakan, atau berisisemua keterangan tentang file, record, nama-data serta bentuk / format yang akandipergunakan didalam PROCEDURE DIVISION.
4.PROCEDURE DIVISION
Procedure division merupakan sebuah inti atau pusat saat melakukan pemrograman dengan COBOL. Statement yang ada pada PROCEDURE DIVISIONdibentuk dari verb, diantara contohnya adalah: MOVE, DISPLAY, ACCEPT, dan STOP.
-MOVE verb
Difungsikan pengguna untuk memindahkan data dari sebuah field ke lokasi field yang lain, sehingga inputdata dapat dimanipulasi untuk menghasilkan output.
-DISPLAY verb
Digunakan pengguna untuk memperlihatkan  hasil dilayar ataupun printer.
-ACCEPT verb
Digunakan pengguna untuk memasukkan atau menginput data melalui layar saat  program tersebut dijalankan.
-STOP verb
Digunakan pengguna untuk memberhentikan program dengan secara permanen maupun sementara.
-ADD Verb
Digunakan pengguna untuk menambah 2 atau lebih operand numerik dan menyimpan hasilnya.
-SUBSTRACT Verb
Digunakan pengguna untuk operasi pengurangan suatu nilai data numerik.
-MULTIPLY Verb
Digunakan pengguna untuk menghitung,mengalikan 2 nilai numerik dan menyimpan hasilnya.
-COMPUTE
Digunakan pengguna untuk melakukan operasi yang lebih rumit, untuk menyederhanakan 4 arithmatic verb sebelumnya.
-GO TO Verb
Digunakan pengguna untuk mengalih kontrol tanpa syarat ke paragraph tertentu
-PERFORM Verb
Digunakan untuk membuat suatu statement yang akan membawa proses dari programmeloncat ke suatu paragraph, lalu menjalankan seluruh statetement yang ada padaparagraph tersebut. Jika telah selesai akan kembali ke statement setelah PERFORM
-ALTER Verb
Digunakan pengguna untuk merubah arah tujuan proses dari statement GO TO yang telah ada diprogram.
-GO TO … DEPENDING Verb
Digunakan pengguna untuk alih kontrol bersyarat. Beralih pada paragraph tertentu dengan kondisitertentu.

Setiap divisi tersusun urutan susunan bagian yang tersusun secara baik,yang memiliki urutan sebagai berikut:
Division,Region,Section,Paragraph,Sentence/Entry,Statement/Clause,Phrase/Option.
Beberapa sebutan Region,sentence, statement dan phrase/option digunakan pada Procedure Division, sedangkan istilah Entry dan clause digunakan pada ke-3 divisi lainnya.
1.Division, merupakan bagian utama dari suatu program COBOL dan selalu di awali dengan juduldivisi.
2.Region , merupakan suatu kumpulan bagian tertentu dalam PROCEDURE DIVISION.
3.Section , merupakan suatu kumpulan dari paragraph atau entry dan selalu diawali denga judul seksi.
4.Paragraph ,merupakan suatu grup dari kalimat (sentences) didalam PROCEDUREDIVISION dan selalu diawali dengan nama/ judul Paragraph.
5.Entry  , merupakan sesuatu yang harus dituliskan pada tempat-tempat tertentu didalamprogram COBOL. Suatu entry dapat juga dikatakan sebagai suatu set (kumpulan) dari clause (anak kalimat) yang diakhiri dengan titik
6.Sentence , merupakan kumpulan dari satu atau lebih statement, dan harus diakhiridengan tanda titik.
7.Clause , merupakan kumpulan dari kata yang membentuk suatu arti.
Clause adalahbagian dari entry.
8.Statement , merupakan perintah pengerjaan untuk komputer.
Statement  dalam bentukkata kerja yang merupakan COBOL Reserved Words.
9.Phrase, suatu group kata yang merupakan bagian dari statement  atau clause.
10.Option, kebanyakan Phrase adalah optional (boleh disertakan/tidak) maka, seringdisebut dengan Option.

User Defined Word
Seorang programmer bisa membentuk serangkaian kata untuk membuat dan mendefinisikan tersendiri untuk pemberian nama pada:
1.Nama-program(program-name) adalah suatu nama yang diberikan untuk menunjukkan identitas dari program yang dibuat, dan dimasukkan pada paragraph PROGRAM-ID dalam lingkup IDENTIFICATION DIVISION.
2.Nama-alat(mnemonic-name) adalah nama yang dibuat oleh programmer untuk menunjukkan suatu alat tertentu. Dibentuk dalam sebuah paragraph SPECIAL-NAMES dan dalam lingkup ENVIRONMENTDIVISION.
3.Nama-file(file-name) adalah nama yang dibuat untuk menunjukkan suatu file tertentu yang dipergunakan dalam sebuah program. Dibentuk pada paragraph FD (File Description) dalam DATADIVISION atau pada statement CLOSE< OPEN< READ dalam PROCEDURE DIVISION.
4.Nama-record, pada COBOL, record harus diberi nama-record (Record-name) pada DATARECOR clause dan pada record description entry  dalam DATA DIVISION.
5.Nama-data (data-name) adalah nama yang dibuat untuk menunjukkan suatu data item yang dipergunakan dalam sebuah program. Dibentuk dalam FILE SECTION di record description entry dalam DATA DIVISION dan pada WORKING-STORAGE SECTION.
6.Nama-indek dan nama-data-indek, digunakan untuk data dalam tabel yang di-indek.Dibentuk secara implisit dengan menggunakan OCCURS dan INDEXED BY clause. Nama-data-indekdidefinisikan dengan mengunakan USAGE IS INDEX dalam DATA DIVISION.
7.Nama-kondisi (condition-name) adalah nama data yang dihubungkan dengan suatu nilai tertentu. Nama data ini didefinisikan dalam sebuah DATA DIVISION dengan level number 88 dan dioperasikandalam PROCEDURE DIVISION pada statement IF.
8.Nama-prosedur (procedure-name) atau nama-paragraph (paragraph-name) adalah nama yang menunjukkan suatu paragraph dalam PROCEDURE DIVISION. Nama-paragraph diperlukan bila saat proses akan melompat ke paragraph tertentu dengan menggunakan statement GO TO dan PERFORM dalam PROCEDURE DIVISION.
9.Nama-seksi, pada PROCEDURE DIVISION, bisa dibuat jadi beberapa seksi dan tiap seksi dapat dibentuk dengan dimulai judul seksinya yang disebut dengan Section-name.
10.Nama-kualifikasi bila nama-data atau nama-kondisi tidak unik (bila ada yang sama antara satu dan lainnya), ini digunakan untuk kita dapat menentukan yang mana yang akan digunakan, bisa menggunakan qualifier.

Syarat Pemberian nama:
1.Gabungan dari huruf A-Z atau a-z, angka 0-9, Hypen (-).
2.Panjang maksimum 30 karakter.
3.Paling sedikit harus mengandung 1 huruf.
4.tidak boleh mengandung karakter khusus kecuali hypen yang diletakkan di tengah, tidak boleh diawal atau diakhir.
5.Tidak boleh mengandung COBOL reserved word.
6.Tidak boleh ada blank atau spasi.

Sumber:
1.http://www.academia.edu/7864645/MODUL_ALGORITMA_DAN_PEMROGRAMAN_BAB_I_Menjelaskan_Struktur_Algoritma
2. http://www.academia.edu/4820543/Konsep_Dasar_Program_COBOL

Nama     :Dimas Apriyandi
NIM       :D1041141008

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete