Wednesday, February 25, 2015

VISUAL BASIC


PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC

Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang sering kita dengar baik di kalangan mahasiswa maupun masyarakat. Mungkin beberapa orang masih belum mengetahui apa sebenarnya Visual Basic itu.Visual Basic  adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah  instruksi yang yang dapat dibaca oleh komputer untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu. Visual Basic  menjadi salah satu penentu arah  untuk para Software developer, dan menjadi bahasa pemrograman  yang harus dipelajari oleh berbagai lapisan masyarakat baik itu siswa,mahasiswa,maupun programmer.
Visual Basic ( VB) merupakan sarana (tool) untuk menghasilkan program aplikasi yang berhubungan dengan Windows. Salah satu  manfaat dari Visual Basic yaitu:
• Dapat membuat program yang berbasisikan  windows.
•Dapat membuat suatu pembantu program, misalnya kontrol ActiveX, file help, aplikasi internet, dan seagainya.
• Dapat menguji program (debugging) dan menghasilkan program akhir ber-ekstensi EXE yang bersifat executable, atau dapat langsung dijalankan.
 Apa Visual Basic itu Sulit?
Visual Basic adalah bahasa yang mudah untuk dipahami oleh programmer,sedangkan bagi seseorang yang baru ingin mempelajari program Visual Basic hal ini dapat membantu pemula membuat program berbasis windows dengan mudah dan cepat. Sedangkan bagi seseorang yang kemampuannya sudah cukup menguasai visual basic dapat membuat beberapa program yang kompleks,seperti dalam jaringan atau client-server.
 Bahasa Visual Basic cukup mudah dipahami dan menggunakan bahasa Inggris yang umum digunakan. Kita tidak perlu  menghafal rumus-rumus maupun format bahasa yang beranekaragam. Dalam Visual Basic  telah disediakan berbagai pilihan yang dapat diambil sesuai dengan kebutuhan atau keinginan seseorang. Tidak hanya itu, fasilitas pengembangannya bersifatuntuk memudahkan anda dalam mengembangkan program aplikasi berbasis Windows, bersifat mouse-driven (penggerak mouse), dan memiliki daya yang cukup tinggi.
 Meskipun sebelumnya kita tidak memiliki keahlian dalam pemrograman , namun juga mampu menjalankan Windows dengan baik. Meskipun keahlian yang umum dibutuhkan dalam Visual Basic adalah dapat menjalankan mouse, dapat memanipulasi jendela, dan dapat memilih menu.
Kesimpulannya, Visual Basic adalah sebuah bahasa pemrograman dengan sarana yang lengkap dan mudah. Siapapun yang bisa menjalankan Windows, tentunya dia pasti bisa membuat program dengan menggunakan Visual Basic. Kita cukup tahu cara menggunakan  mouse, mengubah jendela, dan logika pemrograman dalam membuat aplikasi Visual Basic.
Apa Hubungan Visual Basic dengan BASIC?
Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, apakah salah satu kata dalam penulisan  Visual Basic diambil dari kata BASIC yang merupakan bahasa pemrograman juga? Jawabannya memang benar. Visual basic merupakan sebuah pengembangan terakhir dari bahasa BASIC.
BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) adalah sebuah bahasa pemrograman “kuno” yang merupakan awal dari bahasa pemrograman yang dikategorikandalam bahasa pemrograman tingkat tinggi . BASIC dibuat pada tahun 1950-an dan bertujuan untuk digunakan para programmer pemula.BASIC  sering dipelajari oleh siswa disekolah seperti sekolah menengah atas yang baru mempelajari tentang komputer, dan sering pula digunakan dalam pengembangan program “cepat saji” yang ringan dan mudah. Meskipun begitu, program  BASIC sangat penting dikalangan programmer, karena banyaknya  programmer handal yang mengawali karirnya dengan mempelajari BASIC.
Visual Basic masih tetap mempertahankan beberapa rumus  atau format penulisan program yang dulunya pernah digunakan oleh BASIC. Microsoft sengaja tidak melupakan asal usul dari bahasa Visual Basic, karena sudah mengandung aturan-aturan  pemrograman yang cukup handal.
Visual basic dapat dipahami oleh siapa saja, bahkan bagi seseorang yang belum pernah belajar bahasa pemrograman sebelumnya. Namun jika kita ingin mendalami pemrograman Visual Basic, tidak ada salahnya jika kita sedikit mempelajari bahasa pemrograman  BASIC .
Keistimewaan Visual Basic
Visual Basic  sudah dikembangkan pada tahun 80-an, dan saat ini  telah mencapai versinya yang ke-enam. Beberapa keistimewaan yang utama dari Visual Basic  6  diantaranya adalah sebagai berikut:
• Dapat menggunakan platform dalam pembuatan program yang diberi nama  dengan Developer Studio,yang mempunyai tampilan dan fasilitas yang sama dengan pemrograman Visual C++ dan pemrograman Visual J++. Sehingga kita dapat memahami jenis  bahasa pemrograman  yang lainnya dengan mudah, tanpa harus belajar dari awal lagi.
• Memiliki compiler yang handal serta dapat menghasilkan file executable yang lebih cepat dan lebih efisien dari sebelumnya.
• Memiliki beberapa tambahan fasilitas Wizard. Wizard adalah sarana yang dapat mempermudah dalam membuata aplikasi dengan sistem otomatis saat mengerjakan tugas-tugas tertentu.
• Penambahan kontrol-kontrol  yang lebih baru serta dapat meningkatankan aturan bahasa pemrograman Visual Basic
• Memiliki kemampuan membuat ActiveX dan fasilitas internet yang lebih banyak
•Memiliki fasilitas  akses data yang lebih cepat dan handal untuk membuat aplikasi database yang berkemampuan tinggi
•  Bahasa pemrograman Visual Basic 6 memiliki beberapa jenis  yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
Jenis-jenis Visual Basic
Seperti aplikasi-aplikasi lainnya,bahasa pemrograman Visual Basic 6 juga dibagi dalam berbagai jenis. Jenis-jenis  dari Visual Basic 6 yang ada di antaranya adalah:
• Standard Edition/Learning Edition : ini adalah versi standar yang sudah mencakup berbagai sarana dasar dari Visual Basic 6 untuk mengembangkan aplikasi.
• Professional Edition : versi ini memberikan berbagai sarana ekstra yang dibutuhkan oleh programmer yang handal. Misalnya penambahan kontrol-kontrol, dukungan dalam pemrograman Internet, untuk meyusun dalam membuat file help, serta fasilitas  pengembangan database yang lebih baik.
• Enterprise Edition : versi ini dikhususkan untuk para programmer yang ingin mengembangkan aplikasi remote computting atau client server. Biasanya jenis pemrograman ini digunakan untuk membuat aplikasi pada jaringan



Indira Melinda Putri (D1041141064)
Siti Rahmawati (D1041141004)

No comments:

Post a Comment