Tuesday, February 24, 2015

Algoritma dan Pemrograman

Algoritma
Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau yang biasa disebut informatika. Sudah banyak cabang ilmu komputer yang mengarah ke dalam algoritma. Namun, jangan pernah menganggap algoritma selalu identik dengan ilmu komputer. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun banyak terdapat proses yang dinyatakan dalam algoritma. Misalnya pada cara resep kue maupun masakan yang dinyatakan dalam suatu resep juga dapat disebut  algoritma. Di setiap resep selalu ada urutan untuk membuat suatu masakan. Bila urutannya tidak logis, maka tidak dapat dihasilkan masakan yang dimaksud. Para ibu yang ingin mencoba suatu resep masakan akan membaca satu per satu langkah-langkah pembuatannya lalu ia mengerjakan proses sesuai yang ia baca. Secara umum, pihak (benda) yang mengerjakan proses disebut pemroses (processor). Pemroses tersebut dapat berupa seorang manusia, sebuah komputer, sebuah robot maupun alat elektronik lainnya. Seseorang yang memproses melakukan prosesnya dengan menjalankan atau “mengeksekusi” algoritma yang menjabarkan proses tersebut.
Algoritma merupakan deskripsi dari pola tingkah laku yang dinyatakan secara primitif yaitu aksi-aksi yang didefenisikan sebelumnya dan diberi nama, dan diasumsikan sebelumnya bahwa aksi-aksi tersebut dapat kerjakan sehingga dapat menyebabkan kejadian.
Melaksanakan algoritma berarti mengerjakan langkah-langkah yang ada di dalam algoritma. Pemroses mengerjakan prosesnya  berdasarkan dengan algoritma yang diberikan padanya. Seorang koki maupun juru masak membuat suatu masakan sesuai dengan resep yang diberikan padanya, seorang pianis memainkan sebuah lagu sesuai dengan not balok yang ada. Oleh karena itu algoritma seharusnya dinyatakan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh orang yang memproses. Jadi seseorang yang memproses harus mengerti langkah yang ada di dalam algoritma dan juga mampu mengerjakan operasi sesuai dengan langkah tersebut.


Berikut adalah tipe-tipe Algoritma Berdasarkan Format Penulisan
Algoritma  yaitu  independen  terhadap  bahasa  pemrograman  yang telah ditentukan,  artinya adalah algoritma  yang sudah dibuat tidak boleh hanya  dapat  diterapkan  pada suatu bahasa pemrograman.  Penulisan algoritma itu sendiri tidak terikat pada suatu aturan, tetapi tetap harus jelas maksudnya untuk setiap langkah algoritmanya. Namun pada dasar nya algoritma dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan format penulisannya, seperti sebagai berikut:
1. Deskriptif
Algoritma  bertipe  deskriptif  maksudnya  yaitu  algoritma  yang  ditulis  dalam bahasa manusia sehari- hari,seperti bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dan dalam bentuk sebuah kalimat.  Pada setiap langkah algoritmanya diterangkan  dalam satu atau beberapa kalimat.
Misalnya algoritma dalam menentukan bilangan yang terbesar dari 3 bilangan berikut:
Algoritma Menentukan_bilangan_terbesar_dari_3_bilangan
§  Meminta input 3 bilangan dari user, misalkan bilangan a, b, dan c.
§  Apabila bilangan a lebih besar dari b maupun c, maka bilangan a merupakan bilangan terbesar.
§  Jika  tidak  (bilangan a tidak lebih besar dari b atau c) berarti bilangan a sudah  pasti  bukan  bilangan  terbesar. Kemungkinannya hanya ada bilangan b atau c.  Apabila  bilangan b yang lebih besar dari  c, maka b yang merupakan bilangan terbesar.  Sebaliknya  apabila bilangan  b yang tidak lebih besar dari c, maka bilangan c yang merupakan yang paling terbesar.
§  Selesai.



2. Flow Chart (Diagram Alir)
Selain dalam bentuk tulisan, algoritma sendiri juga dapat ditulis menggunakan bentuk diagram dengan anak panah sebagai penunjuk urutan langkah algoritmanya. Algoritma yang ditulis dengan symbol yang ada pada flow chart . Sekarang diberikan suatu contoh algoritma menentukan bilangan terbesar dari 3 bilangan seperti yang dicontohkan sebelumnya, tetapi ditulis dalam bentuk flow chart.
3. Pseudocode
Pseudo itu sendiri berarti imitasi dan kode  berarti kode yang dihubungkan dengan instruksi yang  ditulis  dalam  bahasa  komputer  (kode  bahasa  pemrograman).  Apabila diterjemahkan  secara  bebas,  maka  pseudocode  berarti  tiruan  atau  imitasi  dari  kode bahasa pemrograman. Pada  dasarnya,  pseudocode  merupakan  suatu  bahasa  yang  memungkinkan programmer agar berpikir terhadap permasalahan yang harus segera dipecahkan tanpa harus memikirkan syntax  dari  bahasa pemrograman  yang  tertentu.  Tidak ada satupun aturan penulisan syntax di  dalam pseudocode.  Jadi  pseudocode  digunakan  untuk menggambarkan logika urutan dari program tanpa memandang bagaimana bahasa pemrograman yang dipakainya. Walaupun pseudocode tidak ada aturan penulisan untuk syntax,  tetapi di dalam buku ini telah diberikan  suatu aturan  penulisan syntax yang cukup  sederhana  agar  para pembaca dapat  lebih  mudah  mengerti dalam  mempelajari algoritma yang terdapat di dalam buku tersebut.  Pseudocode tersebut ditulis pada dalam buku ini akan meniru syntax yang ada di dalam bahasa Pascal. Namun semua itu telah dibuat sesederhana mungkin sehingga tidak akanada kesulitan bagi pembaca untuk memahami algoritma dalam  buku  ini walaupun pembaca belum pernah mempelajari bahasa program Pascal. Contoh dari algoritma yang menentukan bilangan yang paling besar yaitu dari tiga bilangan yang ditulis dalam bentuk pseudocode.


Pemograman
Pemrograman berasal dari kata  program  yang diberi awalan pe- dan akhiran -an. Di dalam buku ini, program berarti program pada komputer. Pengertian   program  pada komputer itu sendiri adalah  sekumpulan  instruksi langkah per langkah yang memberitahukan mengenai yang harus dilakukan komputer dengan tepat.  Pemrograman  merupakan semua kegiatan pembuatan program komputer.
Kemudian  terdapat  pula  istilah   bahasa  pemrograman   yang  berarti  bahasa  yang digunakan dalam pembuatan program komputer. Menurut  pengertian  algoritma  dan  pemrograman, dapat  dikatakan bahwa  program  merupakan  hasil  penerapan  dari suatu algoritma.  Akan  tetapi, dalam  buku  ini  tidak dibahas  materi  mengenai  pembuatan  program  komputer. Buku ini  memfokuskan pada teknik pembuatan  algoritma tersebut. Nama yang ada pada mata kuliah algoritma dan pemrograman dalam hal ini berarti mempelajari pembuatan algoritma yang dapat diterapkan dalam pemrograman.

Sumber : http://bettyas.blogspot.com/2012/02/artikel-algoritma-dan-pemograman.html?m=1







Karmila Yusnitha
Informatika A

D1041141024

No comments:

Post a Comment