Tuesday, December 2, 2014

Metode Segi Empat Sembarang


Metode Segi Empat Sembarang 

RITA WAHYUNI (D1042131020)
YUNITA WULANDARI (D104231016)


    Metode segi empat sembarang adalah hampir sama dengan pendekatan metoda Simpson dan empat persegi panjang.
    Perbedaannya, pendekatan pada bidang yang digunakan kurva F(X) adalah berbentuk segi empat sembarang, tidak harus empat persegi panjang.


    Perhitungan integral dengan pendekatan metoda segi empat sembarang, umumnya memberikan hasil perhitungan yang lebih akurat.
    Selain itu akurasi hasil perhitungannya akan semakin bertambah jika cacah sub interval (=N) semakin banyak, sehingga ukuran lebar masing-masing sub interval = (P) semakin kecil.
    Solusi dalam bentuk algoritma untuk menghitung harga integral suatu fungsi dengan menggunakan pendekatan metoda segi empat sembarang :
        Secara relatif umumnya perhitungan fungsi integral dengan metoda simpson akan memberikan hasil yang akurat, kesalahn dalam perhitungan relatif lebih kecil.
    Pendekatan metoda empat persegi panjang relatif paling mudah di pahami dan sederhana namun mempunyai kelemahan yaitu kemungkinan terjadinya kesalahan perhitungan sangat besar.
    Sedangakan metode segi empat sembarang secara relatif memiliki keunggulan dan kelemahan diantara kedua metoda lainnya.


KESIMPULAN :
Semakin kecil lebar sub interval yang digunakan akan memberikan hasil yang lebih baik. Perbedaannya, bidang yang dipergunakan untuk pendekatan kurva fungsi dan metode yang akan memberikan hasil akhir perhitungan yang tingkat dapat saling diperbandingkan




No comments:

Post a Comment