Thursday, September 25, 2014

Program Komputer

Program Komputer adalah Program yang dibuat berdasarkan dengan bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membantu pekerjaan yang diiginkan oleh seorang user.
Program komputer merupakan contoh perangkat lunak komputer yang menuliskan aksi komputasi yang akan dijalankan oleh komputer.
Komputasi dilaksanakan berdasarkan suatu algoritma atau urutan perintah tertentu.Tanpa algoritma, program komputer tak dapat berjalan dengan baik.
Dalam algoritma program komputer dapat diartikan sebagai rangkaian instruksi atau perintah yang harus dilaksanakan oleh komputer untuk mencapai tujuan dengan menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh komputer.
Bahasa tersebut disebut sebagai bahasa pemrograman. Komputer hanya mengerti dua macam  kondisi  yang terdiri dari dua kode yaitu 1 (satu) dan 0 (nol). Kombinasi kode – kode tersebut dikenal dengan nama kode biner. Sampai saat ini bahasa komputer dikembangkan supaya mengerti bahasa manusia, supaya lebih mudah dipahami oleh manusia. Supaya bahasa tersebut dapat diketahui komputer, maka setiap bahasa pemrograman dilengkapi dengan pernerjemah (kompiler/interpreter).
Sebuah program komputer yang baik memiliki kriteria sebagai berikut :
  - Terintegrasi
  - Memiliki logika jelas
           - Efisien waktu dan penggunaan memori
  - Prinsip modularitas
  - Mudah digunakan
  - Sederhana

Penyusunan program komputer akan memerlukan keterangan yang berkaitan dengan hal – hal sebagai berikut :
  - Data apa yang akan diproses
  - Bagaimana menginputkan data
  - Di mana data akan diletakkan
  - Operator apa saja yang dapat digunakan
  - Bagaimana urutan instruksi disusun
  - Bagaimana menyampaikan informasi hasil pengolahan
Dalam pemrograman sering sekali terjadi kesalahan dalam sebuah program tersebut, berikut jenis – jenis kesalahan dalam pemrograman :
  —  - Kesalahan logika , pada kesalahan ini akan terjadi kesalahan output atau informasi yang dihasilkan, terkadang program masih bisa berjalan.
  —  - Kesalahan sintaks, pada kesalahan ini umumnya akan diinformasikan letak kesalahan oleh bahasa pemrograman tersebut.


Ditulis oleh :
Muhammad Raafii (D1042131002) & Deddy Amsyah (D1042131006)

No comments:

Post a Comment